Mau Sukses Berbisnis Online? Intip Kiat Suksesnya

Mau Sukses Berbisnis Online? Intip Kiat Suksesnya

Mau Sukses Berbisnis Online?

Intip Kiat Suksesnya

Masa pandemi ini memberikan pengaruh yang sangat signifikan untuk banyak sektor. Terutama sektor bisnis dan ekonomi, banyak dari mereka yang harus kehilangan pemasukan normalnya atau bahkan sama sekali terhenti. Padahal, bisnis dan ekonomi memainkan peran yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat.

Oleh karena itu, bagi mereka yang berkecimpung di dunia bisnis dan ekonomi, semua dituntut untuk banting setir dan menjadi lebih kreatif dan inovatif. Mengapa demikian? Sebab, jika mereka bertahan pada situasi yang stagnan, mereka tidak akan bisa kembali bangkit menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran, sehingga usaha pun bisa terancam pailit.

Inilah sebabnya, dalam membuat suatu usaha, perlu menyusun rencana yang bisa mengantisipasi potensi rugi/tidak balik modal. Dalam sektor industri bisnis dan ekonomi, tentunya pasang surut merupakan hal yang biasa terjadi. Terutama jika anda baru mulai merintis, diperlukan tekad yang kuat serta konsistensi untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Beberapa masalah lainnya yang kerap kali terjadi adalah, modal. Ada beberapa orang yang hanya memiliki modal pas-pasan untuk membangun usahanya, ada juga mereka yang bahkan tidak memiliki modal sama sekali. Lantas, adakah jalan keluar untuk permasalahan ini? Apakah mereka tetap bisa merintis karier dalam dunia bisnis dan ekonomi sekalipun tanpa modal?

Jika anda mencari jawaban mengenai hal tersebut, anda datang pada artikel yang tepat! Pada artikel kali ini, penulis akan membedah beberapa cara merintis bisnis dan ekonomi dengan modal yang sangat minimal, bahkan tanpa modal sekalipun!

Pada artikel ini, penulis akan memperkenalkan sistem brokerpreneur dan afilliate marketing. Mari kita mengenal keduanya lebih jauh.

Brokerpreneur_Affiliate Marketing

Brokerpreneur, Sistem Usaha Tanpa Modal

Apakah anda pernah mendengar sistem brokerpreneur dalam bisnis dan ekonomi? Brokerpreneur ini sendiri sering kali erat kaitannya dengan agen-agen yang turut menyukseskan bisnis properti di tanah air.

Jika dianalogikan, pegiat brokerpreneur hampir mirip dengan dropshipper di online shop, dimana mereka menjadi jembatan antara pihak satu (supplier) kepada pihak ketiga (customer) tanpa harus menyetok barang seperti reseller.

Selain itu, peruntungan brokerpreneur juga sangat cocok bagi anda yang menyukai waktu kerja fleksibel tanpa jadwal tertentu yang mengikat anda. Tapi perlu diingat, bahwasanya pegiat brokerpreneur harus berkejaran dengan target untuk meraup keuntungan.

Itu sebabnya bagi anda yang ingin mencoba peruntungan bisnis ini perlu untuk menyusun strategi pemasaran yang baik, sehingga bisnis yang anda tawarkan dapat menjangkau audiens yang lebih luas lagi.

Karena perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan canggih, anda juga bisa menggunakan internet sebagai metode promosi anda. Media online dinilai cukup efektif untuk melakukan pemasaran, dan memperkenalkan jasa layanan yang anda tawarkan sebagai brokerpreneur.

Anda bisa memulai dengan mempelajari beberapa teknik mendasar sosial media seperti digital marketing, social media handling, dan lain-lain. Karena dengan memiliki desain grafis dan copywriting yang baik, tentunya audiens akan semakin tertarik mempelajari bisnis anda.

Brokerpreneur_Affiliate Marketing

Affiliate Marketing, Kiat Sukses Dalam Dunia Bisnis dan Ekonomi Yang Perlu Anda Coba!

Jika anda sudah cukup dekat dengan dunia marketing, pastinya anda pernah mendengar sistem bisnis yang satu ini. Tapi jika anda belum familier dengan istilah ini, penulis akan membantu menjelaskannya secara singkat.

Affiliate marketing, merupakan sistem pemasaran suatu perusahaan untuk memperluas branding. Tak jauh berbeda dengan brokerpreneur yang sebelumnya kita bahas, affiliate marketing juga kerap menjadi pekerjaan incaran banyak masyarakat loh!

Affiliate marketing juga menekankan pada kemampuan pegiat untuk melakukan pemasaran yang baik. Biasanya, elemen gaji diambil dari komisi terjadinya suatu deal proyek yang anda pegang atau produk atau jasa yang berafiliasi dengan perusahaan tertentu yang anda pasarkan.

Tidak seperti reseller, dalam pekerjaan ini anda tidak diharuskan memiliki sampel produk/jasa, anda hanya perlu menggunakan kemampuan berkomunikasi anda.

Untuk melakukan pekerjaan afilliate marketing ini, anda perlu mencari satu perusahaan atau agen produk/jasa dan mendaftarkan diri sebagai marketer. Biasanya, anda akan mendapatkan link afiliasi terkait, katalog produk/jasa, dan sedikit briefing mengenai apa yang ditawarkan perusahaan.

Untuk itu, anda dituntut untuk mengenal perusahaan dan produk/jasa yang ditawarkan dengan baik, agar anda mampu menjelaskannya kepada calon klien.

Serba Serbi Menjalani Bisnis Marketing

Jika sekilas mendengar kedua pekerjaan yang penulis sebutkan sebelumnya, mungkin beberapa orang akan beranggapan bahwasanya pekerjaan tersebut sangat-sangat mudah untuk dilakukan.

Ditambah lagi, dua pekerjaan tersebut memiliki berbagai keunggulan seperti jam kerja yang fleksibel dan bisa dikerjakan tanpa modal.

Tapi tetap saja, dalam merintis bisnis dan ekonomi, tentunya banyak rintangan yang akan kita lewati. Bahkan pekerjaan-pekerjaan yang terdengar cukup mudah sekalipun, tentunya akan membuat anda jatuh bangun dalam menjalaninya.

Sebab itu, konsistensi dan dedikasi yang besar sangat diperlukan dalam hal ini, tidak hanya bisnis dan ekonomi di bidang brokerpreneur / afilliate marketing, melainkan juga semua pekerjaan.

Tak perlu ragu, sobat, sekarang sudah banyak berbagai kursus bisnis yang menawarkan pembelajaran intensif bagi anda yang ingin memulai pekerjaan di bidang bisnis dan ekonomi, namun tidak tahu harus memulai dari mana.

Karena bagaimana pun, anda perlu membekali diri anda dengan berbagai pengetahuan terkait dunia bisnis dan ekonomi, sebelum terjun ke dalamnya.

Silahkan Ikuti Webinar Gratis yang membahas Peluang Usaha gabungan 4 Bisnis dalam 1 Bisnis Online

Webinar Pelatihan Bisnis Online Rekomendasi

Webinar Pelatihan Bisnis Online Rekomendasi

Webinar Pelatihan Bisnis Online Rekomendasi

Berbagai Pelatihan & Kelas Bisnis Yang Bisa Diikuti Seluruh Masyarakat

Mungkin beberapa orang masih berpikir bahwasanya ilmu bisnis hanya bisa didapatkan ketika kita memilih jurusan terkait di perkuliahan. Nyatanya tidak, semua orang bisa belajar bisnis dan mengoptimalkan kemampuannya.

Masa kini, sudah banyak webinar dan kelas-kelas intensif yang menawarkan pelatihan bagi anda untuk mengasah skill berbisnis. Baik bagi anda yang pemula, maupun yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis dan ekonomi dan ingin menambah kompetensi serta kualifikasinya lagi.

Anda tak perlu ragu akan efektivitasnya dan efisiensi pelatihan / workshop yang ditawarkan, sebab kebanyakan diberlakukan secara virtual/daring dan bisa diikuti dari mana pun anda berada.

Tentunya mengikuti berbagai jenis pelatihan dan kelas akan sangat meningkatkan produktivitas anda. Mengingat masa kini, pandemi belum kunjung berlalu dan mobilitas kegiatan di luar rumah masih sangat dibatasi.

Jadi daripada waktu lenggang anda tidak terisi oleh kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, ada baiknya anda mengikuti webinar pelatihan-pelatihan yang meningkatkan skill anda.

Brokerpreneur_Affiliate Marketing

Rekomendasi Kelas Bisnis Virtual Yang Bisa Anda Ikuti

Pada bagian ini, penulis akan membagikan beberapa Pelatihan bisnis online yang bisa membantu anda dalam meningkatkan kompetensi berbisnis anda, sehingga bisnis anda akan semakin meroket. Mari kita simak bersama!

  1. Kelas DPO (Digital Personal Orientation)
    Seperti yang kita ketahui, internet sudah berperan penting dalam pemasaran perusahaan, demi menjangkau masyarakat yang lebih luas. Ini sebabnya, digital marketing sudah menjadi tren yang banyak dipelajari oleh para perintis bisnis dan ekonomi.

    Dengan mengikuti ini, anda dapat mempelajari digital marketing dalam waktu yang relative singkat, yaitu hanya dalam 2 jam. Anda tidak hanya diajak untu mempelajari hal-hal teknis saja, melainkan juga pola pikir dan cara melihat potensi pemasaran yang baik.

  2. Kelas Digital List Building, Facebook + Instagram list building dan Digital Prospek
    Apakah anda tertarik untuk melebarkan sayap bisnis anda di platform Facebook & Instagram? Jika anda tertarik, kelas pelatihan ini bisa dibilang sangat cocok untuk anda ikuti!

    Tenang saja, kelas ini tidak akan membahas langsung materi yang super kompleks. Anda akan dipandu dari dasar-dasari bisnis dan istilah-istilah yang lazim di dengar di dunia bisnis dan ekonomi.

  3. Digital Networker Team Building
    Rekomendasi kelas terakhir yang penulis berikan adalah Digital Networker Team Building, dimana anda akan diberikan 11 modul yang berisi teks dan video panduan.

    Di kelas ini, anda akan mempelajari hal-hal penting bisnis dan ekonomi online yang pastinya selalu update dengan tren terkini (seperti SEO, Strategi atasi keberatan / penolakan, Strategi follow up, conten-creating, branding kohesif, digital marketing, social media officer, dsb).

Kesimpulan 
Dibutuhkan dedikasi dan konsistensi yang tinggi untuk menjalankan bisnis, beserta pengetahuan yang selalu dikembangkan untuk beradaptasi dengan zaman & teknologi.

Demikianlah informasi yang bisa penulis berikan, kiranya dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Selamat berusaha dan berjuang, semoga berhasil!

Silahkan Ikuti Webinar Gratis yang membahas Peluang Usaha gabungan 4 Bisnis dalam 1 Bisnis Online

Mengapa Banyak Orang Tertarik Menjadi Digital Networker?

Mengapa Banyak Orang Tertarik Menjadi Digital Networker?

Mengapa Banyak Orang Tertarik Menjadi Digital Networker?

Sarana Online untuk Meraup Banyak Uang

Di era digital ini, banyak pekerjaan yang sebelumnya terlihat aneh, tapi sekarang makin dicari. Salah satu jalur karier yang masuk dalam golongan ini adalah menjadi digital networker. Jalur karier ini menarik karena membuka peluang usaha banyak perusahaan yang berbasis online.

menjadi digital networker

Apa Itu Digital Networker?

Secara sederhana, digital networker adalah seseorang yang bertugas menjalin network kerja sama antar usaha. Digital networker mencoba mengerjakan tugas ini dengan aktif di internet. Kelebihan menjadi digital networker adalah aksesnya yang lebih luas dibandingkan networker biasa.

Contoh saja saat Anda memiliki usaha kain. Anda sebagai networker harus mampu mencari usaha kaos, konveksi dan sejenisnya untuk jadi partner bisnis. Jika menggunakan jalur digital, Anda bisa coba cari UKM – UKM di Facebook yang berkutat dalam hal pengolahan kain. Anda kontak orang – orang tersebut untuk menyaring siapa saja yang tertarik.

Dalam menjalin koneksi, Anda bisa mulai dengan hal sederhana seperti memperkenalkan diri, memperkenalkan usaha dan memberikan link ke situs usaha. Anda juga bisa lakukan follow up dengan mengajak obrolan santai ataupun berjanji tatap muka. Jika sukses melakukan networking, Anda akan dapat partner baru untuk perluas usaha Anda tersebut.

Tugas Penting Digital Networker

Peran digital networker mungkin masih sedikit abstrak bagi kebanyakan orang awam. Untuk memastikan Anda lebih mengerti, mari bahas berbagai tugas penting digital networker dalam bagian ini:

Membuat Image Brand yang Kuat

Tugas utama dan pertama digital networker adalah membuat image brand perusahaan dan produknya makin kuat. Semakin kuat image, makin mudah juga presence brand menyebar di internet. Jika sudah menyebar banyak, membuat network dengan pihak lain akan lebih mudah.

Menjadi Jembatan Untuk Perusahaan Membuat Koneksi Baru

Menjadi digital networker berarti menjadi jembatan antara perusahaan dengan partner kerja lain. Perusahaan tentu ingin menjalin kontak dengan banyak bisnis lain agar bisa mengembangkan bisnisnya. Tapi jika maju sebagai perusahaan, bebannya pasti berbeda dibandingkan individu yang ingin menjalin kontak. Karena itu, peran digital networker penting sebagai perantara ini.

Up To Date Soal Marketing Digital dan Pengetahuan Luas Soal Ini

Digital networker juga bertugas up to date seputar situasi internet yang berhubungan dengan usaha mereka. Hal ini penting agar networker bisa fleksibel membaca situasi koneksi dengan pihak lain. Tanpa pengetahuan yang up to date, tentu Anda akan kesulitan mencari partner yang pas.

Management Konten dan Social Media

Dibandingkan mencari koneksi secara offline, tugas digital networker pasti lebih tertuju pada internet. Karena itu, mereka harus mampu melakukan manajemen konten dan juga social media. Bisa dibilang, tugas digital networker seputar ini lebih mirip PR dan social media manager.

Acara Presentasi, Seminar dan Workshop

Tugas terakhir digitar networker adalah mengajukan proposal dalam presentasi, seminar dan workshop. Mereka harus buat proposal kerja sama menarik dan mengundang bagi para pelaku bisnis lain. Hal ini terkesan simpel, tapi sangat kompleks pengetahuan yang dibutuhkan.

menjadi digital networker

Skill yang dibutuhkan Untuk Menjadi Digital Networker

Dari informasi peran – peran digital networker di atas, Anda tentu bisa bayangkan skill apa saja yang diperlukan dalam pekerjaan ini. Skill untuk jadi digital networker umumnya sama seperti sales tapi ditujukan untuk perusahaan dan bisnis lain. Untuk ketahui lebih dalam soal skill ini, mari bahas bersama dalam bagian berikut:

Kemampuan Komunikasi yang Baik

Untuk mampu menjelaskan presentasi, berbincang lancar tentang sebuah topic dan menjalin relasi, kemampuan komunikasi tentu penting. Skill dalam komunikasi untuk networking tidak sekedar kemampuan bicara dan membaca orang lain. Untuk online networking, Anda harus mampu berkomunikasi dalam lingkup internet. Mulai dari post social media dan internet etic harus Anda ketahui.

Adept Dalam Topik Bahasan Usaha

Jika ingin menjadi pembicara yang baik dan menjual daya tarik brand, Anda harus memiliki pengetahuan tentang bahasan usaha. Pengetahuan seputar usaha online dan berbagai hal yang trending di dalam dunia ini adalah salah satu syarat menjadi networking yang baik.

Semakin tinggi pengetahuan Anda tentang banyak hal, semakin mudah juga Anda berbincang dengan orang lain. Tentu saja pengetahuan sekilas saja tidak cukup, Anda paling tidak harus tahu lebih dalam dari orang biasa septuar perbincangan bisnis online.

Mampu Manfaatkan Peluang

Jika ingin Menjadi digital networker, Anda harus mampu memanfaatkan kesempatan. Contoh saja Anda berada di event besar seputar UKM. Anda harus bisa prioritaskan kesempatan bertemu dengan orang – orang penting di situ. Tapi karena waktu terbatas, Anda harus mampu memilih siapa saja yang harus diutamakan untuk appeal networking.

Mengejar Pak Gubernur misalnya pasti menarik. Menjalin networking dengan kepala daerah pasti bernilai tinggi. Namun untuk digital networking yang ahli, mereka pasti mengutamakan pengusaha lain yang berkutat di jalur bisnis yang sama. Contoh saja sebagai penjual fried chicken, Anda membuat network dengan pengusaha frozen food ataupun peternak ayam.

Bisa Follow Up dan Membuka Koneksi Baru

Selain membuat networking, Anda juga harus mampu mempertahankan koneksi. Melakukan follow up setelah saling kenal dan berbincang tentu lebih penting. Follow up bisa bisa berupa hangout kasual ataupun survei bisnis. Selama koneksi di pertahankan sampai terjalin kontrak kerja yang kongkret, Anda harus mampu lakukan follow up yang baik.

menjadi digital networker

Cara Menjadi Digital Networker

Cara menjadi digital networker umumnya ada dua. Mari bahas kedua jalur jadi digital networker berikut ini:

Latihan Otodidak

Menjadi digital networker bisa dilakukan sendiri hanya dengan pengalaman dan belajar dari banyak media. Sekarang ini sudah banyak tutorial dan artikel online yang membantu Anda seputar cara bicara dan membuat koneksi bisnis.

Jalur ini memang lebih menantang karena harus dilakukan sendiri. Anda hanya bisa andalkan pengalaman saja. Kegagalan sehari – hari bisa jadi note pembelajaran untuk berkembang. Namun setelah mengumpulkan pengalaman ini, Anda akan makin tangkas sebagai networker.

Perlu diperhatikan bahwa belajar otodidak biasanya perlu proses. Walaupun lebih mampu hasilkan networker handal, banyak orang gagal menjaga disiplin diri dan tidak bisa menjadi networker karena secara mandiri. Jadi pastikan Anda siap dan disiplin belajar jika ambil jalur ini.

Kursus dan Ikut Pelatihan

Kursus digital networker merupakan cara kedua untuk menjadi digital networker. Banyak kelas kursus dan pelatihan tersedia sekarang. Baik kursus kelas online maupun offline bisa Anda hadiri dengan membayar harga yang cukup besar. Tapi dari jalur ini, Anda akan lebih aman melatih skill untuk kebutuhan networking.

Kelebihan utama pada cara ini adalah bimbingan dari pihak yang berpengalaman. Tanpa harus merasakan kegagalan sendiri, Anda bisa belajar dari pengalaman mereka menghadapi situasi networking tertentu. Setelah tahu hal ini, Anda jadi lebih siap menghadapi situasi itu dan mampu mengubah hambatan menjadi peluang lebih mudah.

Prospek Kerja Digital Networker Ke Depannya

Prospek menjadi digital networker sangat menarik. Pertama karena perkembangan internet makin cepat. Di tahun 2020 dan 2021, pandemi menyebabkan sebagian besar negara harus mengandalkan internet untuk berbagai hal. Dari sini sudah terlihat betapa pentingnya peran internet dalam bisnis dan kebutuhan sehari – hari.

Untuk buat koneksi yang lebih luas untuk bisnis, Anda tidak lagi harus datang ke perusahaan lain ataupun menghadiri acara bisnis secara offline. Cukup menyempatkan diri di acara seminar online ataupun berani mengirimkan email ke perusahaan lain untuk cari appeal.

Digital Networker di situasi pandemi lebih sering terlihat di social media seperti Facebook dan Instagram. Koneksi jaringan bisnis di platform ini sangat besar dan membuat kesempatan kerja sama lebih terbuka. Selama Anda bisa appeal dengan post ataupun bahasan konten menarik, tidak jarang orang lain yang hubungi Anda untuk buat koneksi.

Ke depannya, pengetahuan soal jaringan networking di internet akan makin terbuka. Orang muda sekarang bahkan menjalin pertemanan online dengan orang luar negeri tanpa harus bertemu langsung. Jika anak muda saja bisa, para orang dewasa yang profesional pasti lebih mampu menjalin interaksi internet yang lebih baik.

Gali Lebih Dalam Seputar Networker Dalam Webinar Ini!

Jika bahasan di atas membuat Anda tertarik menjadi digital networker, pastikan ikuti webinar dari PresentasiBisnis.com. Website ini sering membuka kesempatan ikut webinar yang mengajarkan banyak tips dan trik seputar online business.

Menjadi digital networker bisa dibilang cukup mudah jika punya skill yang baik. Namun, setelah berhasil jadi digital networker, Anda juga harus mampu menghasilkan kinerja yang baik. Sering kali networker kurang mampu membuka peluang dan menjalin koneksi baru. Jika merasa kesulitan, webinar ini akan membantu Anda.

Para pembicara yang ada di sini selalu dipilih dengan seksama. Mulai dari Para Mastah Internet Marketer ternama, pengamat digital business sampai networker dengan pengalaman lebih dari 10 tahun bisa jadi narasumber. Jika tertarik dengan materi dan ilmu yang mereka bagi, tidak ada salahnya coba join webinar ini!

Silahkan daftar dan ikuti Webinar Peluang Usaha gabungan 4 Bisnis dalam 1 Bisnis Online.

Chat Now
KitabBisnis.com
Hallo.. ada yang bisa kami bantu ?